Kamis, 04 Juni 2015

Sejarah Perkembangan Unkl347 yang Mendunia



tahukah sobat kalo unkl347 ini berawal dari hobby nya dengan desain gafis dan music indie? inilah salah satu talenta belia dunia kaos distro yang booming ditahun 90-an, dendy darman. ia merupakan pebelia kelahiran makassar, dan menghabiskan mharapan remajanya hingga duduk di bangku sma. sebab gairahnya yang besar terhadap kesenian, ia lalu bertekad untuk melanjutkan pendidikan seni yang membuatnya hijrah ke kota bandung sebab di kota makharapanr pada jaman itu tidak ada universitas yang membuka jalur untuk pendidikan seni.
nah, di bandung dendy  darman diterima di fakultas seni rupa itb dan  mengambil jurusan seni grafis. di situ, kesenangannya terhadap dunia seni khususnya seni grafis mendapat rumahnya.

salah satu mata kuliah dan hobbya di jurusan itu ialah teknik screen printing atau yang dikenal di indonesia dengan istilah sablon. passionnya yang kuat terhadap seni desain grafis membuat dendy darman seringkali mengaktualisasikan akibat berkeseniannya pada media kaos distro. selain pada desain grafis ia juga sangat tergila-gila dengan musik. keterlibatannya dengan komunitas band indie di pertengahan 90-an ternyata membuka jalan baginya untuk memproduksi kaos akibat desainnya yang dipakai oleh personel band indie. semangat inilah yang menjadi pergerakan tersendiri atau yang populer dengan istilah independent.
 
kaos distro, grosir kaos distro, kaos raglan, kaos polo, jual kaos, kaos murah, kaos bandung, kaos distro bandung, kaos distro murah, kaos distro online, reseller kaos distro, distributor kaos distro, kaos distro terbaru, pusat kaos distro,  grosir kaos, kaos Unkl Bandung, kaos Unkl online, kaos Unkl murah, kaos Unkl terbaru, grosir kaos Unkl, kaos Unkl original,
Unkl347

Berawal dari Hobby Hingga Bisnis Gila

sebagian orang mungkin bertanya-tanya, kenapa unkl ini menggunakan 347. tak banyak yang tahu, bahwa angka tersebut merupakan base camp dony ketika menggawangi band indie dan komunitas pecinta desain. 347 sendiri merupakan nama nomor rumah kost, yakni jalan dago 347.pada tahun 1996, dari rumah kos di jalan dago 347 ini dendy darman memulai urusan ekonomi kecil-kecilan, bermodalkan kecintaannya pada desain grafis yang diperangkat lunakkan pada teknik sablon pada kaos distro.

pada perkembangan berikutnya, rumah di jalan dago nomer 347 tersebut menjadi sejarah bagi urusan ekonomi clothing dendy. di rumah tersebut, dia dengan beberapa orang sahabatnya sepakat untuk membuat urusan ekonomi baju kecil-kecilan, yakni dengan memproduksi pakaian yang bermerk 347 dengan system penjualan hand to hand.

promosi verbal ke verbal ini semakin meluas dengan banyaknya band yang seringkali berkumpul di rumah dago 347 turut mengenakan pakaian yang diproduksi oleh dendy dan sahabat-sahabatnya, misalnya band indie cherry bombshell, pure satudary dulu monyetp mengenakan pakaian produksi 347 di setiap penampilan panggung mereka. seiring band-band tersebut memiliki penggemar yang lebih banyak, nama 347 pun turut terkena imbasnya. seiring waktu, 347 mendapat kawasan khusus di hati banyak anak belia khususnya dalam komunitas musik independent bandung di kala itu.

Unkl Merupakan Bisnis dengan Semangat Indepenensi

karena cinta mereka terhadap skateboard, surfing dan desain, tahun 1996, pencandu musik ini berkumpul dan memutuskan untuk membuat sendiri "playground". mereka mulai dengan menjual barang melalui pesanan khusus dan katalog, tidak butuh waktu lama hingga mereka membuka toko mereka sendiri pada tahun 1999. tak lama mereka menjadi pelopor di indonesia disebut 347boardrider.co label sendiri dengan desain awal yang menggambarkan wacana cara hidup mereka tinggal. kembali hari-hari sebelumnya mereka tidak ada seorang pun kecuali diri mereka sendiri untuk menyenangkan. mereka membuat hal-hal yang mereka ingin memakai dan perlu memakai. kemudian 347boardrider.co tumbuh sebagai pemilik 'kehidupan berjalan, musik, kehidupan malam, seni, dan dengan nuansa avant-garde yang membuat mereka di mana mereka sekarang. maka nama diubah menjadi "347".


kaos distro, grosir kaos distro, kaos raglan, kaos polo, jual kaos, kaos murah, kaos bandung, kaos distro bandung, kaos distro murah, kaos distro online, reseller kaos distro, distributor kaos distro, kaos distro terbaru, pusat kaos distro,  grosir kaos, kaos Unkl Bandung, kaos Unkl online, kaos Unkl murah, kaos Unkl terbaru, grosir kaos Unkl, kaos Unkl original,
distro Unkl

Evolusi Bisnis Unkl347

pada akhir tahun 2006 brand 347 berevolusi menjadi unkl347. outletnya yang berada di jalan trunojoyo, bandung  selalu dipenuhi oleh pembeli. selain di bandung dan kota-kota besar di indonesia unkl347 juga berekspansi ke luar negeri seperi australia, singapura, jerman dan selandia baru. unkl merupakan sebuah tagline dari "setelah sepuluh tahun, sahabat-sahabat menyebut kami unkle" yang mencoba menterangkan wacana apa yang terjadi dalam perperjuanganan.

kaos distro unkl347 kini telah memiliki ratusan karyawan. dengan semakin banyaknya karyawan, dendy dan ketiga pendiri unkl347, arifin windarman, anli rizandi dan lucky widiantara, tidak mampu harapanl-harapanlan lagi sebab perperjuanganan mereka menghidupi ratusan keluarga sehingga mereka harus memastikan urusan ekonomi kaos distro ini berjalan lancar. sebab menurut boards of directors unkl347 ini, urusan ekonomi clothingnya tidak mampu berjalan dengan sistem saja. sebab urusan ekonomi clothing sangat tergantung dari kreatifitas desain, oleh sebab itu mereka tetap turun pribadi dalam operasional perperjuanganan untuk memastikan kreatifitas desain selalu terjaga.

kisah perkembangan unkl347 sendiri merupakan satu evolusi yang terjadi, mulai dari hobby, spirit indepndensi dalam berkarya, hingga menjadi sebuah urusan ekonomi yang layak untuk diangkat jempol. pada intinya, unkl347 memberi kita kesempatan bahwa kesuksesan itu sebenarnya telah ada pada potensi kita.
Info lainnya: sejarah perkembangan dropdead 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar